welcome to the bill blog

Jumat, 26 November 2010

Kedatangan dan penyebaran agama Islam di Nusantara

Sumber/bukti masuknya Islam ke Nusantara

Bukti awal mengenai agama Islam berasal dari seorang pengelana Venesia bernama Marcopolo. Ketika singgah di sebelah utara pulau Sumatera, dia menemukan sebuah kota Islam bernama Perlakyang dikelilingi oleh daerah-daerah non-Islam. Hal ini diperkuat oleh catatan-catatan yang terdapat dalam buku-buku sejarah seperti Hikayat Raja-Raja Pasai dan Sejarah Melayu.
Bukti kedua berasal dari Ibnu Batutah ketika mengunjungi Samudera Pasai pada tahun 1345 megatakan bahwa raja yang memerintah negara itu memakai gelar Islam yakni Malikut Thahbir bin Malik Al Saleh.
Bukti ketiga berasal dari seorang pengelana Portugis bernama Tome Pires, yang mengunjungi Nusantara pada awal abad ke-16. Dalam karyanya berjudul Summa Oriental, dia menjelaskan bahwa menjelang abad ke-13 sudah ada masyarakat Muslim di Samudra Pasai, Perlak, dan Palembang. Selain itu di Pulau Jawa juga ditemukan makam Fatimah binti Maimun di Leran (Gresik) yang berangka tahun 1082 M dan sejumlah makam Islam di Tralaya yang berasal dari abad ke-13.
Golongan lain berpendapat bahwa Islam sebenarnya sudah masuk ke Nusantara sejak abad ke-7 Masehi. Pendapat ini didasarkan atas pernyataan pengelana Cina I-tsing yang berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya pada tahun 671. Dia menyatakan bahwa pada waktu itu lalu-lintas laut antara Arab, Persia, India, dan Sriwijaya sangat ramai.
Bukti kelima menurut catatan Dinasti Tang, para pedagang Ta-Shih(sebutan bagi kaum Muslim Arab dan Persia) pada abad ke-9 dan ke-10 sudah ada di Kanton dan Sumatera.

[sunting] Penyebar Islam di Nusantara

Penyebar Agama Islam menurut teori Gujarat, yaitu bahwa penyebarnya adalah Muhammad Fakir. Buktinya, teori ini mendasarkan argumentasinya pada pengamatan terhadap bentuk relief nisan Sultan Malik Al Saleh yang memiliki kesamaan dengan nisan-nisan yang terdapat di Gujarat.
Penyebar Agama Islam menurut teori Makkah, yaitu bahwa penyebarnya adalah Sjech Ismail dari Makiyah. Buktinya adalah, bahwa kelompok penduduk Nusantara pertama yang Islam menganut mazhab Syafi'i. Mazhab Syafi'i merupakan mazhab istimewa di Makiyah.
Penyebar Agama Islam menurut teori Persia, yaitu bahwa penyebarnya adalah P.A. Hoessein Djajaningrat. Buktinya adalah pada adanya beberapa kesamaan budaya yang hidup dikalangan masyarakat Nusantara dengan bangsa Persia denagn memperingati Asyura, suatu peringatan bagi kaum Syi'ah.
Penyebar Agama Islam menurut teori Sejarawan, yaitu penyebarnya adalah Wali Songo.

[sunting] Islamisasi di Nunsantara

Alasan yang menyebabkan penduduk nusantara banyak yang beragama Islam antara lain:
Faktor-faktor penyebab Agama Islam dapat cepat berkembang di Nusantara antara lain:
  • Syarat masuk agama Islam tidak berat, yaitu dengan mengucapkan kalimat syahadat.
  • Upacara-upacara dalam Islam sangat sederhana.
  • Islam tidak mengenal sistem kasta.
  • Islam tidak menentang adat dan tradisi setempat.
  • Dalam penyebarannya dilakukan dengan jalan damai.
  • Runtuhnya kerajaan Majapahit memperlancar penyebaran agama Islam.

Mesin Kapal

Permesinan Secara Umum
Instalasi kamar mesin dirancang sesuai dengan peraturan BKI, persyaratan keselamatan dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut dan peraturan pemerintah lainnya yang berlaku. Susunan dan penempatan instalasi mesin, perlengkapan mesin dan alat bantu lainnya telah direncanakan sehingga tersedia ruang gerak yang cukup untuk pengoperasian dan perawatan dari bagian-bagian mesin dan sistem pipa.
Kapal yang digerakkan oleh 1 (satu) buah mesin induk yang dihubungkan ke baling-baling dengan perantara sistem reduction reversing gear dan dilengkapi dengan sistem pengendalian dari jarak jauh yang digerakkan secara mekanis dari rumah kemudi (wheel house). Kapal dilengkapi 4 (dua) buah mesin bantu yang masing-masing menggerakkan generator listrik arus bolak-balik untuk keperluan pemakaian tenaga listrik dan penerangan di atas kapal.
Untuk keperluan di pelabuhan dipasang 1 (satu) unit generator set kecil dan fasilitas untuk hubungan dengan tenaga listrik di darat (shore connection). Untuk penerangan dalam keadaan darurat, disediakan instalasi listrik sistem DC-24 Volt.
Mesin induk dan mesin-mesin bantu menggunakan bahan bakar dan minyak pelumas yang sama, serta dilengkapi control gauge yang terpasang di mesin. Alat-alat ukur, petunjuk dan instrumen yang dipasang diatas kapal menggunakan unit metrik. Di sekitar bagian-bagian mesin yang berputar diberi perlengkapan pelindung untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan bagi ABK.
Mesin induk, mesin bantu dan komponen-komponen instalasi mesin lainnya yang dikenakan persyaratan kelas dilengkapi sertifikat kelas dari BKI. Seluruh gambar-gambar instalasi mesin mendapat pengesahan dari BKI sebelum pekerjaan dimulai.
Kondisi yang dipersyaratkan pada instalasi mesin
Mesin-mesin, perlengkapan dan alat-alat bantu lainnya dirancang untuk memiliki daya kuda yang disyaratkan dan dioperasikan pada kondisi kerja di daerah tropis sebagai berikut :
Suhu maksimum kamar mesin : 450C
Suhu maksimum air laut : 32oC
Kelembaban relatif : 50%
Tekanan barometer : 76 cm Hg
Kemiringan maksimal instalasi : 5 0
Data teknis untuk bahan bakar yang digunakan adalah :
Jenis bahan bakar : Minyak Solar (HSD)
Flash point : 1500F
Viscositas kinematik : 1,6-5,8 cSt
Specific Gravity pada 600F : 0,82-0,87
INSTALASI MESIN INDUK
Mesin Induk
Instalasi penggerak terdiri dari 1 (satu) buah mesin induk yang dilengkapi dengan reversing reduction gear, sistem poros baling-baling dan baling-baling.
Pengoperasian setempat dari mesin-mesin induk dapat dilaksanakan dalam hal terjadinya kerusakan pada sistem pengendalian jarak jauh (remote control) dari rumah kemudi.
Olah Gerak Kendali Mesin Induk
Olah gerak kendali mesin-mesin induk tersebut dilakukan melalui sistem jarak jauh dari ruang kemudi. Mesin induk juga dapat dioperasikan setempat di kamar mesin dalam keadaan darurat dan perintah-perintah untuk olah gerak diteruskan melalui electronic engine telegraph, tabung suara (voice tube) dan intercom, yang kesemuanya diletakkan dalam ruang kontrol. Mesin induk dan bantu di kamar mesin dilengkapi dengan instrumen pengontrol dan sistem alarm termasuk alat penunjuk putaran (indicator rpm).
Instrumen-instrumen pengontrol dan indikator di kamar mesin dihubungkan dengan pusat kendali olah gerak di ruang kemudi.
Gearbox
Propeller digerakkan dengan sistim roda gigi dengan perbandingan reduksi yang sesuai dengan karakteristik baling-baling. Sistem roda gigi adalah dari reversing reduction gear type. Setiap roda gigi dilengkapi dengan pompa minyak pelumas, termometer, dan Thrust bearing yang dipasang menyatu dengan rumah roda gigi.
Propeller
Kapal memiliki satu buah baling-baling. Baling-baling direncanakan agar dapat menghasilkan gaya dorong yang efisien untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Penting untuk diingatkan peranan pemilihan mesin induk dan rasio roda gigi yang sangat vital bagi perancangan baling-baling, sehingga setiap perubahan pemilihan mesin induk dan rasio roda gigi akan mengakibatkan perubahan desain baling-baling.
Sistem Poros Baling-Baling
Sistem poros baling-baling yang terdiri dari 1 poros baling-baling dan 1 poros antara untuk masing-masing mesin induk dari bahan S-50-C yang dilapisi oleh bahan FRP, sedangkan pada bagian-bagian yang berada pada daerah bantalan seperti ; tabung poros, penyangga dan kopling dilapisi oleh sleeve dari bahan bronze yang memenuhi peraturan BKI. Poros antara dan poros baling-baling dihubungkan dengan kopling dari tipe kopling flens yang dilengkapi dengan mur pengunci. Satu tabung poros baling-baling terdiri dari tabung poros yang terbuat dari baja tuang, pipa tabung poros yang terbuat dari carbon steel, bantalan yang terbuat dari karet dan rumah bantalan dari bahan bronze dipasang menembus lambung pada bagian buritan. Poros baling-baling berputar pada bantalan dengan pelumasan minyak dan sesuai dengan peraturan BKI.
SISTEM PERPIPAAN DI KAMAR MESIN
Sistem Air Tawar
Sistem pipa air tawar dan pendingin air tawar diantaranya pompa air tawar; pompa dan hidrofor air tawar; pipa-pipa; katup-katup; dan perlengkapan lainnya. Tangki-tangki air tawar dihubungkan dengan pompa air tawar melalui pipa-pipa air tawar setelah sebelumnya melewati filter penyaring terlebih dahulu. Pompa air tawar tersebut kemudian dihubungkan dengan tangki dan pompa hidrofor air tawar yang kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang memerlukan air tawar dan ke sistem pendinginan air tawar mesin induk dan mesin bantu. Mesin induk dan mesin bantu telah dilengkapi alat pendingin (cooler) dan perlengkapan lainnya sesuai dengan standar pabrik pembuat.
Pipa sistem pendingin air tawar terbuat dari pipa baja tanpa kampuh memanjang (seamless pipe) yang digalvanisir dan dilengkapi penyambung-penyambung sistem pipa yang fleksibel dan perlengkapan-perlengkapan standard dari pabrik pembuat
Sistem Air Laut
Instalasi sistem saniter air laut diantaranya pompa dan hidrofor air laut; pipa-pipa; katup-katup; dan perlengkapan lainnya. Hidrofor dihubungkan dengan instalasi sistem pipa balas untuk mendapatkan suplai air laut, yang kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan.
Sistem Bahan Bakar
Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar setelah sebelumnya melewati filter penyaring bahan bakar. Kemudian aliran bahan bakar dibagi dua ke tanki harian bahan bakar untuk mesin induk dan mesin bantu pada sisi port dan starboard dan seterusnya disalurkan kepada mesin-mesin yang membutuhkan. Bahan bakar sisa pembakaran disalurkan kembali ke tanki harian setelah melewati filter penyaring.
Pipa-pipa sistem bahan bakar dibuat dari pipa baja hitam, dilengkapi dengan perlengkapan pipa yang terbuat dari bahan yang sesuai dengan standard dan peraturan BKI
Sistem Pelumas
Sistem minyak pelumas tidak menggunakan pompa tambahan, tetapi pompa minyak lumas yang telah menjadi bagian dari paket instalasi mesin induk (factory accessories). Minyak lumas setelah melewati filter langsung disalurkan dari tanki menuju mesin-mesin induk dan mesin-mesin bantu
Sistem Udara bertekanan
Sistem udara tekan ini digunakan untuk penyemprotan kerangan-kerangan laut di kamar mesin, menstart mesin induk, sistem pneumatik pada reversing gear box motor induk, seruling kapal, cuci-mencuci peralatan permesinan dan lain-lain.
Instalasi pipa udara tekan ini cocok untuk sistem udara tekan dengan tekanan kerja 30 kg/cm2. Udara yang dihasilkan dari kompresor udara diisikan ke dalam botol angin.
Pipa-pipa dibuat dari baja hitam tahan tekanan tinggi dan tahan terhadap korosi air laut, dilengkapi sertifikat pabrik pembuat atau sertifikat kelas untuk pipa baja hitam tahan tekanan tinggi.
Katup-katup juga dari bahan yang sesuai standard pabrik pembuat dan persyaratan kelas tahan tekanan tinggi dan korosi air laut.
PERALATAN KAMAR MESIN
Peredam dan Funnel
Kapal yang dilengkapi dengan 1 buah cerobong asap. Ukuran konstruksi cerobong asap sesuai dengan persyaratan BKI dan lebih tinggi dari atap rumah geladak akomodasi.Konstruksi cerobong dilengkapi pintu untuk pemasangan dan pemeliharaan pipa cerobong dan peredam (silencer) dan kisi-kisi untuk peranginan. Pipa cerobong dan peredam (silencer) dilapisi kain asbes dan alumunium foil tahan panas.
Pelat alas dalam dan tangga
Pondasi motor induk dan motor bantu dirancang sesuai dengan persyaratan dari BKI dan juga kuat serta mampu meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin tersebut. Ukuran pondasi ditentukan oleh jenis (merk), ukuran dan tenaga mesin. Perubahan terhadap jenis mesin mengakibatkan perubahan pada rencana konstruksi pondasi mesin, poros baling-baling dan ukuran baling-baling. Tangga-tangga sebagai penghubung antar geladak dapat dilalui orang dengan nyaman dan dibuat dengan sudut kemiringan 550 (derajat) maksimal terhadap bidang horizontal. Lebar tangga disesuaikan dengan fungsi dan letak tangga pada geladak. Tangga dilengkapi dengan pegangan tangan pada kedua sisinya. Tangga dibuat sesuai dengan standar JIS F2603-1970
Ventilasi
Agar mesin-mesin induk, mesin-mesin bantu, diesel generator serta komponen-komponen instalasi mesin lainnya di kamar mesin dapat berfungsi dengan baik, maka kamar mesin dilengkapi sistem ventilasi mekanik listrik, dilengkapi talang-talang penyaluran udara panas keluar dari kamar mesin, beserta fitting-fittingnya. Udara segar disuplai melalui talang udara yang dilengkapi damper agar udara segar dapat terbagi rata dan cukup ke tempat-tempat yang perlu di dalam kamar mesin. Sebuah tombol tekan untuk menyetop blower tersebut (dalam keadaan darurat) terpasang di luar kamar mesin di lokasi yang sesuai.
Tangki di Kamar Mesin
Tangki-tangki ini kecuali tanki minyak kotor dan tanki bilga merupakan tangki yang berdiri sendiri dan bukan merupakan bagian dari konstruksi lambung (penggunaan sekat dan dasar ganda sebagai tangki).
Katrol
Dikamar mesin disediakan juga katrol untuk membantu dalam memindahkan barang / peralatan yang ada di kamar mesin, termasuk spare part yang disediakan di kamar mesin. Katrol ini dioperasikan manual dengan tangan. Kapasitas katrol maksimum 1 ton.
Peralatan dan Suku Cadang
Peralatan yang disediakan di kamar mesin digunakan untuk perbaikan-perbaikan yang bisa dilakukan didalam kapal. Pemborong juga memperlengkapi kapal dengan suku cadang untuk motor induk, gigi reduksi dan alat-alat bantu lainnya sesuai dengan persyaratan BKI dan standard pabrik pembuat.

Mesin Diesel dan Bensin

Banyak orang yang tidak mengerti keunggulan mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin atau sebaliknya. Sehingga dalam tulisan ini saya akan memberikan gambaran kelebihan mesin diesel dengan bensin dan juga sebaliknya.
Materi ini saya tulis untuk membantu anda dalam menentukan pilihan anda, mana yang lebih baik antara kendaraan bermesin diesel dan kendaraan bermesin bensin.
CARA KERJA
Cara kerja kedua mesin yang berbeda menghasilkan tenaga, emisi dan akselerasi yang berbeda. Mesin diesel memiliki cara kerja dengan menyemprotkan solar bertekanan tinggi kedalam ruang bakar yang juga bertekanan tinggi sehingga solar dapat dengan mudah terbakar tanpa alat bantu seperti busi, koil dan lain sebagainya. Kompresi yang tinggi ini berkisar antara 14:1  sampai dengan 25:1. Karena kompresi yang tinggi inilah mesin diesel lebih efisien dari mesin bensin.
Mesin bensin memiliki cara kerja yang sedikit berbeda, yaitu bensin disemprotkan kedalam ruang bakar yang berkompresi rendah atau sedang dan kemudian tekanan piston membuat kompresi semakin tinggi dan dibantu oleh busi maka menghasilkan ledakan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Rasio kompresi mesin bensin berkisar antara 7:1 sampai dengan 13:1.
TENAGATenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel dan bensin berbeda. Hal ini disebabkan kalori yang dihasilkan perliter solar lebih tinggi dibandingkan oleh satu liter bensin. Sebagai perbandingan dalam 1 gallon (3.78L) solar mengandung 147,000 BTU, sedangkan 1 gallon bensin mengandung 125,000 BTU.
Karena hal diatas maka mesin diesel memiliki torsi yang besar sehingga sering digunakan untuk alat angkutan darat seperti truk, bis, kapal laut dan alat angkutan umum lainnya

KONSUMSI
Karena tenaga yang dihasilkan mesin diesel lebih besar maka hal itu membuat konsumsi bahan bakar mesin diesel jauh lebih irit dari pada mesin bensin. Konsumsi yang lebih irit ini akan lebih terasa untuk anda yang menggunakan kendaraannya diatas 20.000 km per tahun nya. Sebagai gambaran saja, mesin diesel lebih irit minimal 1.57 kali dari mesin bensin. Jadi, apabila mesin bensin dengan kapasitas 1600 cc memiliki konsumsi 1:10 (1 liter untuk 10 km) maka diesel dengan kapasitas 1600 cc dapat memiliki konsumsi 1:16 (1 liter untuk 16 km).
HARGA
Harga per unit kendaraan diesel lebih mahal daripada bensin. Hal ini disebabkan kapasitas mesin diesel yang jauh lebih besar dari varian bensin nya sehingga pajak mobil bermesin diesel lebih mahal dari mobil ber mesin bensin.
Sedangkan harga solar dibandingkan dengan harga bensin sekarang ini tidak terpaut terlalu banyak. Terlebih sekarang kebanyakan mesin diesel menerapkan teknologi common rail yang haus akan solar dengan sulphur rendah sehingga harus mengkonsumsi Pertamina DEX, Shell Diesel atau Total Performance Diesel yang harga nya lebih tinggi dari bensin yang paling mahal sekalipun (ex: Pertamax plus).
Selisih harga ini dapat terbayar apabila pemakaian kendaraan diatas 20.000 km per tahun nya. Tapi jika anda hanya menggunakan kendaraan dibawah jarak tempuh itu pertahun nya maka selisih harga tersebut akan terbayar lebih lama lagi.
POLUSI
Mesin Diesel memiliki pro dan kontra dalam hal polusi. Pro: mesin diesel mengeluarkan CO, HC dan CO2 yang jauh lebih kecil dari bensin sehingga emisi nya akan membantu mengurangi pemanasan global. Kontra: gas buang mesin diesel menghasilkan asap yang memiliki berat jenis tinggi dan cepat mengendap di permukaan sehingga dapat menyebabkan hujan asam dan polusi asap.

SUARA
Mesin diesel teknologi lama memiliki suara yang berisik dimana suara tersebut tercipta karena hentakan kompresi tinggi mesin untuk membakar solar yang memiliki titik bakar lebih rendah dari bensin. Tapi teknologi diesel terkini telah membuat mesin diesel jauh lebih halus. Teknologi common rail ini telah membuat beberapa mobil mewah menggunakan mesin diesel tanpa ada suara mengganggu yang keluar dari kap mesin.
PERAWATAN
Mesin Diesel masa kini membutuhkan perawatan yang lebih intens dibandingkan dengan mesin bensin biasa. Kenapa? Hal ini disebabkan karena teknologi common rail yang dianut mesin diesel masa kini diterapkan dengan fuel injection pump bertekanan tinggi sehingga rentan terhadap partikel yang mungkin menyumbat di saringan bensin atau di nozle nya. Selain itu, hampir semua mesin diesel terkini menggunakan variable geometry turbo yang membuatnya sangat lincah pada putaran bawah. Turbo inilah yang membutuhkan perawatan rutin dalam hal penggantian oli dan pemakaian nya tidak boleh semena-mena tanpa mengikuti petunjuk yang ada.
KESIMPULAN
Setelah membaca materi diatas maka anda dapat menyimpulkan, mesin apa yang cocok untuk anda. Kalau saya pribadi sangat puas dengan mesin diesel karena irit dalam kemacetan, dan memiliki akselerasi yang menyenangkan (karena adanya variable geometry turbo). Tapi karena saya menggunakan kendaraan tersebut kurang dari 15.000 km per tahunnya, maka penggunaan mobil bermesin diesel saya kurang efisien.
Mesin diesel 5 silinder milik C270 CDI W203
 

Minggu, 21 November 2010

TATA SURYA

Tata surya adalah sekumpulan benda-benda angkasa yang mengelilingi matahari,dan merupakan bagian dari galaksi bimasakti. – Galaksi adalah sekumpulan bintang-bintang,gas,&debu raksasa yang saling mengikat karena adanya gravitasi.
A . Macam-macam galaksi:
a. bimasakti, b. andromeda, c. magelland, d. galaksi, e. NGC 4565
B.macam-macam benda langit:
1. PLANET :benda langit yang memantulkan cahaya dari sinar matahari. Contoh: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun disebutkan bahwa Pluto tidak termasuk dalam daftar planet-planet di tata surya,karena tidak memenuhi 3 syarat , yaitu mengorbit matahari,berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat,dan memiliki jalur orbit yang jelas & bersih. Orbit : lintasan perputaran planet mengelilingi matahari. Perihelium : titik terdekat planet ke matahari. Aphelium : titik terjauh planet ke matahari.
2. KOMET(bintang berekor) :benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar sangat lonjong.
Bagian-bagian komet: 1.inti : senyawa karbon yang sangat padat,2.koma : daerah kabut(daerah mirip tabir)disekelilingi inti,3.lapisan hydrogen, 4.ekor.
Contoh komet:
1. kahouek muncul 75.000 tahun sekali
2. halley muncul 76 tahun sekali
3. biela muncul 7 tahun sekali
4. ecnke muncul 3,5 tahun sekali
3.  a.Meteoroid:benda langit berupa gas yang berputar-putar mengelilingi bumi.
b.Meteor: meteoroid yang memasuki atmosfer bumi & terbakar.
c.Meteorit:sisa meteor yang sampai ke bumi,yang berupa batuan. Meteorit terbesar ada di Arizona,AS,diameter 1300m dengan kedalaman
175m.

4.  Asteroid(Planetoid):benda antar planet berupa batuan yang terdapat dalam sabuk antara mars &Jupiter.(sabuk ini disebut sabuk asteroid).
Contoh :ceres,pallas,vesta &jearus.
5. Satelit ;benda langit yang mengiringi planet.
Satelit mengalami 3 gerakan ;berotasi,berevolusi terhadap planet,&bersama-sama planetnya berevolusi terhadap matahari. Arah peredarannya pun sama dengan planetnya.
Jenis satelit :
1.satelit alami:satelit yang sudah ada dalam system tata surya(bukan buatan manusia)contoh :bulan.
2.satelit buatan:dibuat manusia untuk tujuan,yaitu:
a.mengetahui keadaan cuaca
b.merelai siaran radio & televise
c.sistem navigasi
d.penyelidikan alamiah.
Macam-macam satelit buatan ;
a.satelit navigasi:untuk pelayaran&penerbangan
b.satelit geodasi :untuk pemetaan(topogravi)
c.satelit meteorology:untuk penelitian awan,cuaca,suhu.
d.satelit komunikasi:untuk keperluan komunikasi satelit eksplorasi:untuk pencaria sumber daya alam
C. MATAHARI
Matahari termasuk bintang karena bisa memancarkan cahaya sendiri,dan termasuk bintang paling dekat dengan bumi.jarak dengan bumi adalah 150 juta KM.
Data ukuran matahari;
1.diameter:1,4 x10 km
2.luas permukaan :6 x 10 km
3.volume;1,4 x10 km
4.massa:1,99 x 10 g
5.massa jenis ;g/cm
6.suhu dipermukaan:6000 c
7.suhu diinti:15 juta K
8.unsur peyusun :70%hidrogen,25%helium,&5% gas lain.
1.ENERGI MATAHARI Spektrum :energi yang dipancarkan matahari ke bumi yang berupa gelombangelektromagnetik.
Macam-macam sinar;
a. sinar gamma panjang < 1 A berenergi 9%
b. sinar X,panjang 1-100 A
c. sinar ultraviolet ,panjang 100-4000 berenergi 4%
d. sinar cahaya ,panjang 4000-7000 berenergi 41% e. sinar inframerah, panjang 7000-10 f. gelombang radio, panjang >10 berenergi 50% g.
gelombang mikro,pamjang >10 matahari terdiri atas: 76,4% hydrogen 0,2% neon 0,07 magmesium 21,8% helium 0,1%besi 0,05%sulfur
0,8%oksigen 0,1%nitrogen 0,01%nikel 0,4 karbon 0,08% silicon
2.LAPISAN MATAHARI
a. Inti matahari lapisan paling dalam bersuhu 15 juta K.di bagian ini terjadi reaksi fusi yang merupakan penggabungan inti atom hydrogen
menjadi inti atom helium & menghasilkan energi yang sangat besar.
b. Fotoster(lapisan cahaya)tebal lapisan 320 km dengan suhu 5700 K
c. Kromosfer disebut sebagai atmosfer matahari.
d. Korosfer merupakan atmosfer paling luar dengan suhu 1 juta K.di lapisan ini terjadi ionisasi.tebalnya 2,5 x 10 km
3.AKTIFITAS MATAHARI adalah pergerakan partikel matahari yang tidak teratur karena perbedaan suhu yang berbeda pada setiap lapisan hingga terjadi gangguan, yaitu:
a. gumpalan fotosfer,disebabkan aliran gas panas yang mengumpul di fotosfer.
b. Bintik matahari(sun spot)terjadi karena aliran gas dari inti matahari.diameter bintik ini ada yang lebih besar dari diameter bumi
c. Lidah api yang menjulur dari lapisan fotoafer karena disekitar bintik api suhunya lebih tinggi,sehingga aliran gas tidak terhalang.
d. Prominensa,gangguan pada lapisan kromosfer tepi,berupa semburan gas panas yang dasyat.
4.GERAKAN PLANET terhadap MATAHARI. Gerakan planet terangkum dalam HUKUM KEPLER;
a. Hukum I kepler :orbit planet berbentuk elips
b. Hukum II kepler;garis hubung antara planet & matahari dalam waktu yang sama,membentuk bidang yang sama luasnya.
c. Hukum III kepler:kuadrat periode revolusi planet berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-rata dari matahari.
Rumus = T = periode revolusi planet 1
T = periode revolusi planet 2
R = jarak planet 1 dengan matahari
R = jarak planet 2 dengan matahari
D. PLANET BUMI
Beberapa bukti bumi berbentuk bulat pepat:
a. Pemotretan dari luar bumi
b. Terbit & tenggelamnya matahari
c. Bagian atas kapal laut terlihat lebih dahulu
d. Perjalanan ke satu arah
e. Adanya pelangi
Data ukuran bumi :
a. Garis tengahequator :12757 km
b. Garis tengah kutub :12714 km
c. Luas bumi ;510.100.933 km
d. Massa bumi ; 6 x 10 kg
e. Massa jenis ; 5,5 x 10 kg/m
f. Suhu permukaan : 14 C
g. Suhu inti ; 6000 C
h. Periode revolusi ;365,25 hari
i. Periode rotasi ; 23,56 jam
j. Jarak terhadap matahari :150 juta km
k. Jarak terhadap bulan : 384.000 km
2.ROTASI dan REVOLUSI BUMI
Rotasi bumi : perputaran bumi pada porosnya. Waktu yang diperlukan bumi untuk melakukan satu kali rotasi disebut periode/kala rotasi.Periode rotasi bumi adalah 23 jam 56 menit 4 detik yang disebut 1 hari.
Beberapa akibat revolusi bumi:
a. adanya gerak semu harian matahari &benda-benda langit yang seakan-akan bergerak dari timur ke barat.
b. Terjadinya perbedaan wktu dari tempat-tempat yang berbeda derajat bujurnya
c. Adanya pergantian siang & malam
d. Penggelembungan di katulistiwa & pemepetan dikedua kutubnya
Revolusi :peredaran bumi mengelilingi matahari.Akibat revolusi bumi yaitu ;
a. adanya gerak semu tahunan matahari
b. terjadinya perubahan lamanya siang & malam
c. terjadinya pergantian musim
d. terlihat rasi bintang yang berbeda-beda
- Gerak semu tahunan matahari :gerakan matahari seolah-olah dari khatulistiwa ke 23,5 LU,kemudian ke khatulistiwa,bergerak ke 23,5 LS kemudian kembali kekhatulistiwa. -
- Gerak semu harian matahari adalah gerakan matahari dari timur ke barat.
e. Bulan sebagai Satelit Bumi Bulan merupakan satelit alami yang dimiliki planet bumi.bulan tidak menghasilkan cahaya sendiri,tetapi hanya memantulkan dari sinar matahari.
Ukuran bulan ;
a. luas permukan : 37.940.000 km
b. massa : 7,27 x 10 kg
c. gravitasi : 0,167 x gravitasi bumi
d. suhu permukaan : -173 C – 110 C
e. jarak rata-rata dari pusat bumi ke pusat bulan : 384.000 km
f. jarak terdekat dengan bumi : 356.410 km
g. jarak terjauh dengan bumi : 406.697 km
Beberapa keadaan di bulan :
1. langit hitam kelam, 2. tidak ada atmosfer(udara),mengakibatkan bunyi tidak merambat ,perbedaan suhu yang sangat mencolok antara siang & malam, 3. tidak ada air,maka tidak ada kehidupan, 4. terdapat gunung,kawah,&dataran luas
- Pesawat antariksa yang berhasil mendarat di bulan pertama kali adalah Apollo XI yang diluncurkan 16 juli 1969 di AS.selain itu Apollo XII,XIV,XVII,XVIII, & pesawat luna 15 & luna 16 milik rusia juga pernah singgah di bulan.
1. Gerak Bulan Bulan melakukan 3 gerakan,yaitu rotasi pada porosnya,revolusi terhadap bumi,& bersama-sama bumi terhadap atahari.Periode revolusi bulan ada 2,yaitu: a. periode sideris :waktu bulan berevolusi 360,selama 27 sepertiga hari. b. Periode sinodis : waktu bulan berevolusi dari satu fase lin selama 29,5 hari.
Berdasarkan revolusi bulan ada 2 macam tahun,yaitu :
- Tahun khomariyah(tahun hijriah),yaitu 1 tahun = 354 hari,dengan nama bulan muharam, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil ula, jumadil tsani, rajab, sya’ban, ramadhan, syawal, zulkaidah, zulhijah.
- Tahun Syamsiyah,yaitu 1 tahun 365 hari dengan nama bulan dari januari-desember.
2. Gerhana Terjadi karena bayangan yang dibentk oleh bumi/bulan terletak dalam satu garis.Bayangan ada 2,yaitu bayangn gelap(umbra) & bayangan kabur(penumbra).
a. Gerhana bulan,terjadi bila matahari,bumi, & bulan berada pada satu garis lurus.gerhana matahari total terjadi apabila bulan berada pada daerah umbra bumi,dan jika bulan memasuki daerah penumbra,terjadi gerhana parsial(sebagian).
b. Gerhana Matahari,terjadi bila posisi matahari,bulan,& bumi berada pada satu garis lurus.Gerhana matahari total terjadi ketika umbra bulan menutupi suatu daerah dipermukaan bumi.
3. Pasang Surut Air Laut Terjadi 2x sehari,karena adanya pengaruh gravitasi bulan. Pasang surut air laut terjadi saat bulan baru & bulan purnama, ada 2 macam,yaitu :
a. pasang purnama ,terjadi saat gravitasi bulan & matahari pada satu garis lurus.
b. Pasang perbani,terjadi saat bulan & matahari saling tegak lurus (90 )
F. Litosfer dan Atmosfer Lapisan bumi ada 3,yaitu atmosfer(lapisan udara),hidrosfer(lapisan air), & litosfer(lapisan batuan/tanah)yang berada di permukaan bumi. Permukaan bumi terjadi karena 2 energi,yaitu ;
1. tenaga endogen,tenaga dari dalam bumi ,misal:gunung meletus.
2. tenaga eksogen,tenaga dari luar bumi,missal :erosi,abrasi,& pelapukan. Akibat energi tersebut ialah bentuk muka bumi yang berubah,adanya bahan tambang,bahan galian serta mineralyang bermanfaat bagi kehidupan manusia.karena perbedaan suhu serta tekanan udara maka menimbulkan proses pelapukan bantuan yang ada.
- Pelapukan :proses hancurnya batuan menjadi butiran-butiran halus. Ada 3 macam pelapukan,yaitu ; a. pelapukan kimiawi ; pelapukan yang terjdi karena proses kimia, misal : oksidasi yang dipengaruhi iklim, b. Pelapukan mekanis ; pelapukan yang terjadi karena perubahan temperatur udara, c. Pelapukan organis ; pelapukan yang terjadi akibat campur tangan mahkluk hidup,misal : pelapukan akibat penggalian barang tambang.
d. Susunan lapisan atmosfer dimulai dari permukaan bumi,yaitu : troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, & eksosfer.
Sebab-sebab pemanasan global : 1. Penipisan Lapisan Ozon, lapisan ozon adalah selimut atmosfer bumi.lapisan ini mencegah radiasi sinar ultraviolet cahaya matahari. lapisan ini mencegah organisme di permukaan bum untuk menerima dosis mematikan radiasi sinar ultraviolet.Penepisan lapisan ozon & terbentuknya lubang lapisan ozon menyebabkan intensitas cahaya sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi meningkat, 2. Efek Rumah Kaca Terjadi karena di atmosfer bumi ada gas yang mampu menyerap sinar inframerah,yaitu sinar panas ini dipancarkan ke bumi.Gas yang mampu memberikan efek rumah kaca tersebut dikenal dengan gas rumah kaca,terdiri dari CO ,nitrogen oksida,uap air,& CFC. Peningkatan efek rumah kaca akan menaikkan suhu permukaan bumi,yang disebut Pemanasan Global, 3. Hujan Asam Zat pencemar NOx & Sox diudara akan mengakibatkan hujan asam. Jika terjadi perubahn pH air hujan yang terlalu tinggi akan berakibat rusaknya jaringan tumbuhan.

MENGENAL “HAL DAN FAKTA UNIK DAN MENARIK SEPUTAR MANUSIA.”

INILAH HAL DAN FAKTA UNIK DAN MENARIK SEPUTAR MANUSIA :
  • 13% orang di dunia adalah kidal.
  • Ada lebih dari 300 bakteri pembentuk karang gigi.
  • Anak-anak mempunyai 20 gigi awal. Orang dewasa punya 32.
  • Anda tidak dapat menjilat siku anda sendiri.
  • Asam lambung kita sebenarnya cukup kuat untuk mencerna seng dan timah. Untungnya sel-sel pada dinding lambung kita diperbarui dengan sangat cepat sehingga asam lambung gak sempet berbalik jadi ?senjata makan tuan?.
  • Bayi yang baru lahir berat kepalanya 1/4 dari berat tubuhnya.
  • Bersin terlalu keras dapat mematahkan tulang iga, memutuskan pembuluh darah di kepala atau leher dan mengakibatkan kematian.
  • Butuh waktu 6 bulan untuk kuku kaki tumbuh dari bawah paling bawah sampai ujung kuku.
  • Dalam waktu 30 menit panas rata-rata tubuh kita cukup buat merebus setengah galon air.
  • Darah sama kental dengan air laut.
  • Gak akan mungkin anda bersin sambil melek. Coba aja
  • Jantung manusia dapat menyemprotkan darah sejauh 30 kaki.
  • Jika anda kentut secara konsisten selama 6 tahun 9 bulan, anda akan menghasilkan gas yang cukup untuk menciptakan energi yang diperlukan dalam membuat bom atom.
  • Jika bersin terlalu keras dapat meretakkan tulang iga. JIka mencoba menahan bersin, bisa mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher trus mati . jika memaksa mata terbuka saat bersin, bola mata bisa meloncat keluar.
  • Jika boneka Barbie adalah manusia, ukurannya adalah 39-23-33 (99-58,5-84 cm). Tingginya sekitar 215 cm dan punya leher 2kali lebih panjang daripada manusia normal.
  • Kalau ada orang bilang ‘bless you’ setiap kali ada yang bersin karena memang setiap kali anda bersin, jantungmu berhenti satu milisecond.
  • Ketika kamu tidur tubuhmu mengembang sekitar 8 mm. Saat kamu bangun tubuhmu mengerut lagi seperti semula. Kenapa bisa begitu ? Ternyata tulang rawan kita bisa mengembang dan mengerut (saat berdiri dan duduk) seperti spon karena pengaruh gravitasi.
  • Kita bernafas kira-kira 23.000 kali setiap hari.
  • Kita berulang tahun bersama 9 juta orang dari seluruh dunia.
  • Kita sebenarnya melihat dengan otak. mata hanya berupa kamera yang mengirim data ke otak. 1/4 bagian dari otak digunakan untuk mengatur kerja mata.
  • Kuku jari tangan tumbuh 4kali lebih cepat daripada kuku kaki.
  • Kuku kita perlu waktu 6 bulan untuk tumbuh dari pangkal sampai ke ujung jari
  • Mangunyah permen karet saat mengupas bawang mencegah kita menangis.
  • Mata manusia yang sehat (tidak buta warna) dapat menbedakan 500 jenis warna abu- abu.
  • Membenturkan kepala ke tembok menghabiskan 150 kalori setiap jamnya.
  • Menahan nafas tidak akan membuatmu mati.
  • Menurut Darwin (dan beberapa ilmuwan lain) usus buntu itu dulu sebenarnya adalah bagian ketiga dari sistem pencernaan kita. Fungsinya untuk mencerna daun! Oleh karena manusia berhenti makan daun mentah dan mulai memasak semua makanannya akhirnya usus buntu kehilangan pekerjaannya.
  • Mulut menghasilkan 1 liter ludah setiap hari.
  • Orang lebih banyak yang menderita ketakutan pada ruang terbuka (kenophobia) daripada ketakukan pada ruang tertutup (claustrophobia).
  • Organ terbesar dalam tubuh kita adalah kulit. Laki-laki dewasa luas kulitnya sekitar 1,9 m2. Kulit terus menerus diperbarui oleh tubuh kita dan sepanjang hidup setiap orang menghasilkan limbah kulit seberat 18 kg.
  • Otak bekerja lebih aktif ketika tidur dari pada ketika nonton TV.
  • Otot pada bola mata kita bergerak sekitar 100 ribu kali sehari.. Sebagai perbandingan kalo diterapkan pada otot kaki kita sama dengan berjalan 80 km setiap hari.
  • Otot terkuat yang ada di badan kita adalah lidah.
  • Otot yang bekerja paling cepat ditubuh kita adalah otot dikelopak mata yang membuat kita berkedip. kita bisa berkedip 5kali dalam sedetik.
  • Pada Usia 3 bulan janin manusia mulai terbentuk sidik jari.
  • Paling banyak IQ berkontribusi 20% sebagai faktor penentu kesuksesan hidup. Sedangkan 80% selebihnya berasal dari faktor lain.
  • Paru-paru terdiri dari 3 milyar capillaries (urat nadi kecil). Kalo urat-urat ini disambung jadi satu panjangnya bisa mencapai 2400 km.
  • Perempuan ngedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki.
  • Perut memproduksi lapisan lendir setiap dua minggu agar perut tidak mencerna organnya sendiri.
  • Pria kehilangan 40 helai rambut tiap hari. wanita 70 helai.
  • Rata2 waktu yg dibutuhkan orang dari mulai memejamkan mata hingga tidur adalah 7 menit.
  • Rata-rata kita bicara 5000 kata tiap hari (walaupun 80% nya kita bicara pada diri sendiri)
  • Rata-rata manusia lebih takut pada laba-laba daripada kematian.
  • Rata-rata orang bule makan 50 ton dan minum 50 ribu liter air sepanjang hidupnya (orang indonesia gak tau ni berapa).
  • Sampai usia 6 bulan, bayi bisa menelan dan bernapas secara bersamaan. Orang dewasa tidak bisa.
  • Satu dari 14 wanita Amerika berambut pirang asli. Prianya hanya satu dari 17.
  • Satu kilo dari berat badan kita mengandung 7000 kalori.
  • Satu sel tunggal tubuh kita hanya perlu waktu 60 detik untuk mengelilingi tubuh kita.
  • Seandainya kuota air dalam tubuh kita berkurang 1%, kita langsung merasa haus.
  • Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru.
  • Sejak kita lahir sampai sekarang hanya ada satu bagian tubuh kita yg ukurannya gk pernah berubah ? Bola Mata.
  • Seperti sidik jari, lidah manusia pun mempunyai kontur yang berbeda-beda.
  • Seseorang masih akan sadar selama 8 detik setelah dipenggal.
  • Setiap ginjal terdiri dari 1 juta filter tunggal yang menyaring rata-rata 1,3 liter darah per menit dan menghasilkan 1,4 liter urin sehari.
  • Setiap manusia tidak dapat menjilat siku tangannya sendiri.
  • Setiap orang, termasuk kembar identik, sidik jari dan tekstur lidahnya tidak ada yang sama.
  • Seumur hidup kita meminum air sebanyak kurang lebih 75.000 liter.
  • Suara yang kita dengar dari dalam kerang bukan suara ombak laut, tapi suara aliran darah dalam kepala kita.
  • Tahukah anda bahwa jika anda berteriak terus menerus selama 8 tahun, 7 bulan dan 6 hari, energi yang anda keluarkan akan cukup untuk memanaskan secangkir kopi.
  • Tanpa dicampur ludah di dalam mulut, kita tidak akan merasakan rasa makanan.
  • Testikel pria menghasilkan 10 juta sperma baru tiap hari.. Cukup untuk mengganti semua manusia di muka bumi ini hanya dalam waktu 6 bulan.
  • Tiap manusia punya telinga yang berbeda.
  • Tulang kita tu sangat kuat ? sekuat batu granit dalam menahan beban. Percobaan dengan sepotong tulang dengan ukuran sebesar korek api bisa menahan beban sampai 9 ton ? 4 kali lebih kuat dari besi beton..
(Dari berbagai sumber )

10 Kerajaan Terbesar di Dunia Dalam Sejarah


10 Kerajaan Terbesar di Dunia Dalam Sejarah

Suatu kerajaan memperbesar pengaruhnya dengan memperluas wilayahnya. Keadidayaan suatu kerajaan di lihat dari luas wilayah, banyaknya penduduk, ekonomi, berapa lama suatu kerajaan itu berdiri dan juga banyak faktor lain yang mempengaruhi seperti pemerintahannya dan undang-undangya, ataupun juga kebahagiaan penduduknya. Berikut adalah 10 kerajaan terbesar yang pernah ada dalam sejarah
a. Kerajaan Akkadia (2300 SM–2200 SM)
Kerajaan Akkadia berpusat di kota Akkad (Irak Kuno). Bangsa Akkadia nenek moyang bangsa-bangsa Babilonia dan Assyria. Keraajan ini berada pada puncak kejayaannya pada abad ke 24 dan 22 sebelum Masehi. Ini dianggap sebagai kerajaan pertama yang ada di bumi. Luas wilayahnya mencapai 0.8 juta Km persegi.







b. Kerajaan Persia (550 SM–330 SM)
Kerajaan Persia,Iran Kuno, adalah perkembangan dari kerajaan Median, mengatur sebagian besar wilayah arab dan sekitarnya. Median dan Persia juga dikenal sebagai kerajaan Medo-Persia adalah gabungan dari kerajaan-kerajaan sebelum masanya. Dibangun oleh Sirus Yang Agung dan menguasai beberapa benua yaitu Asia, Eropa dan Afrika.

Pada masa puncaknya, kerajaan ini meliputi wilayah Iran, Afganistan, Pakistan, beberapa bagian Asia tengah, Asia Kecil, Thrace (Eropa Tenggara-Balkan), dan Makedonia, sebagian besar wilayah sekitar Laut Hitam, Irak, Arab Utara, Yordania, Palestina, Israel, Lebanon, Syria, Mesir Kuno sampai ke Libya. Dalam sejarah bangsa Barat, kerajaan ini tercatat sebagai musuh dari kerajaan Yunani dalam Perang Greco-Persia, sebagai antisipasi dari budak termasuk diantaranya bangsa yahudi sebagai tahanan bangsa Babilonia dan kemauan untuk penggunaan bahasa yang sama dalam wilayah ini.

Kerajaan Persia ini kemudian diserang oleh Aleksander III dari Makedonia dan sesudah itu kerajaan inipun(Makedonia) runtuh dan tercerai-berai pada 330 SM menjadi Kerajaan Ptolemaic (Mesir) and Kerajaan Seleucid.


Kerajaan ini adalah kerajaan terbesr dalam sejarah. Pada masa puncak kejayaannya, wilayahnya melampaui 8.000.000 km persegi.






c. Kekaisaran Romawi
Tipe pemerintahan kerajaan ini adalah aristokastik dan wilayahnya meliputi Eropa dan Sekitar Mediterania. Kerajaan ini lemah setelah diterpa perang sipil. Beberapa peristiwa perubahan sistem pemerintahan dari Republik ke Kerajaan ditandai dari terpilihnya Julius caesar sebagai diktator yang berkuasa pada 44 SM, dan Perang Actium ( 2 September 31 SM). Perluasan wilayah Romawi bermula ketika sistem pemerintahanya berbentuk republik, dan mencapai puncak kejayaannya sewaktu berbentuk kekaisaran, tepatnya Kaisar Trajan. Luas wilayahnya pada waktu itu adalah 6.500.000 km persegi. Karena kerajaan ini berlangsung sangat lama, pengaruhnya dalam bahasa, agama, arsitektur, filosofi, hukum dan sistem pemerintahanya tetap ada sampai sekarang.









d. Kekalifahan Ummayah (661 M – 750 M)
Sistem Kekalifahan adalah suatu bentuk pemerintahan Islam sebagai bentuk kesatuan politik dan kepemimpinan Muslim di seluruh dunia. Kalifah adalah pemimpin muslim setelah Nabi Muhammad.

Kekalifahan Ummayah adalah kalifah kedua dari 4 kalifah dan di atur oleh dinasti Ummayah. Nama ini diambil dari Umayya ibn Abd Shams, moyang dari Kalifah Ummayah yang pertama. Meskipun keluarga Ummayah berasal dari Mekah, mereka memilih Damaskus sebagai ibukotanya. Kekalifahan Ummayah ini adalah bangsa Arab-Islam terbesar dalam sejarah. Luas wilayahnya mencapai 5.000.000 km2.







e. Dinasti Qing (1890–1912)
Dinasti Qing adalah dinasti terakhir di China. Bermula dari Dinasti Ming dan berlanjut dalam bentuk Republik Rakyat China. Dinasti ini dibentuk oleh klan Manchuria Aisin Gioro (sekarang timur laut china). Berawal dari tahun 1644 dan memperluas wilayahnya di sekitar china membentuk Kekaisaran Qing yang Agung. Dinasti ini menyatukan china pada 1683. Dinasti Qing kemudian jatuh setelah Revolusi Xinhai, ketika Empress Dowager Longyu melepaskan tahtanya sebagai kaisar, Puyi pada 12 februari 1912. Wilayahnya mencapai 14.700.000 km2.









f. Kekaisaran Rusia (1721–1917)
Kekaisaran ini berawal dari 1721 dan berakhir pada Revolusi Rusia 1917. Kekaisaran ini adalah kelanjutan dari Tsar Rusia dan menjadi Uni Soviet. Pada 1866, kekaisaran ini memperluas wilayahnya dari Eropa timur ke Asia dan Afrika Utara. Pada awal abad 19, Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya mencakup Benua Artika di utara sampai Laut Hitam di selatan, Laut Baltik di barat sampai ke Samudra Pasifik di sebelah timur.






g. Kekaisaran Mongolia (1206–1368)
Kekaisaran Mongolia berawal dari abad 13 sampai abad 14. Wilayahnya membentang dari eropa timur ke Asia. Kekaisaran ini adalah gabungan dari bangsa Mongol dan Turki setelah Genghis Khan diproklamirkan sebagai pemimpinnya pada 1206. Pada masa puncak kejayaanya, wilayahnya membentang dari Sungai Danube di eropa sampai ke laut jepang. dan dari Benua Artika sampai ke Kamboja. Luas wilayahnya mencapai 24.000.000 km2. Pada 1294, kekaisaran mongol pecah menjadi 4 bagian.









h. Kerajaan Mogul (1526–1858)
Kerajaan Mogul adalah kerajaan Islam yang mengatur sebagian besar wilayah India dan berawal pada 1526. Kerajaan ini mengatur sebagian besar Asia Selatan pada akhr abad 17 dan awal abad 18 dan berakhir pada pertengahan abad 19. Kerajaan Mogul adalah keturunan dari Timurid dari Turkistan pada tahun 1700 an, kerajaan ini mencakup seluruh daratan India. Wilayahnya pada waktu itu 4.000.000 km2.

Kerajaan ini bermula dari kepemimpinan Jalaluddin Mohammad Akbar atau Akbar yang Agung dan berakhir pada 1707 setelah kematian Kaisar Aurangzeb meskipun masih berlangsung sampai 150 tahun kemudian.

Pada masa ini ilmuwan Muslim mengawali peradaban ilmu pengetahuan modern.










i. Kerajaan Inggris
Kerajaan inggris terdiri dari domini, koloni, protektorat dan mandat dan semua wilayah yang di atur oleh kerajaan Inggris. Sampai tahun 1922 Kerajaan Inggris memiliki 450 juta jiwa dan itu merupakan 1/4 penduduk dunia waktu itu. Wilayahnya seluas 33.700.000 km2. dan mempunyai kekuatan militer paling besar dalam sejarah






j. Kekaisaran Ottoman (Turki 1299–1923)
Adalah kerajaan Islam berlangsung dari 1 November 1299 sampai 24 Juli 1924. Pada masa kejayaannya, kekaisaran ini meliputi 3 benua, mengatur sebagian besar Asia Barat, Timur dan Tenggara Eropa, daerah pegunugan Kaukasus dan Afrika Utara. Kekaisaran ini berlangsung paling lama yaitu selama 7 abad. Mereka juga toleran terhadap umat Kristen dan Yahudi.

Jumat, 19 November 2010

15 OBJEK KEINDAHAN ALAM INDONESIA

15 OBJEK KEINDAHAN ALAM INDONESIA

1. Gunung Rinjani, NTB


Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.

2. Pulau Komodo, NTT

Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).

3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya

4. Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari.

5. Carstensz Pyramid, Papua

Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

6. Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana yang, karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa

7. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

8. Gunung Kelimutu, NTT

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

9. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

10. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau volkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

11. Baluran, Jawa Timur

Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

12. Pantai Dreamland, Bali

Dreamland atau lebih dikenal sebagai Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai terindah di Bali selain Pantai Kuta. Pantai yang terletak tidak jauh dari daerah Uluwatu di Pulau Dewata ini sudah sangat terkenal karena keindahannya. Keindahan dan kebersihan pantai menambah daya tarik pengunjung, bukan hanya dari dalam negeri tapi juga turis manca negara.

13. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Kerinci boleh bangga dengan keberadaan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Serta terdapat beberapa danau kecil lainnya dengan keindahan alamnya yang unik. Danau Belibis dengan alam yang masih asli memberikan sentuhan yang berbeda.

14. Green Canyon, Jawa Barat

Green Canyon menyimpan pesona luar biasa. Perpaduan antara sungai, lembah hijau, hutan lindung, dan aneka stalaktit-stalakmit. Keindahan berbalut kesunyian, bagai surga yang tersembunyi. Green Canyon mulai dikembangkan pada tahun 1989.

15. Danau Sentai, Papua

Danau Sentani di bawah lereng Pegunungan Cycloops yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Lanskap Danau Sentani dengan gugusan pulau di tengahnya merupakan salah satu yg terindah di Indonesia.

Pemanfaatan dan Pelestarian Perairan Laut

Pemanfaatan dan Pelestariann Perairan Laut
Manfaat wilayah perairan laut dalam kaitannya dengan kehidupan manusia dan makhluk lain dapat di rinci secara sederhana di bawah ini :
1. Sebagai pembangkit tenaga, Arus laut dapat meringankan tenaga perahu. Dengan adanya arus perahu dapat meluncur dengan tidak usah mengeluarkan tenaga. Selain itu gerak pasang surut air laut juga dapat menimbulkan gelombang, perbandingan antara puncak gelombang dan lembah gelombang dapat digunaka untuk memompa air lau ke bak penampung selanjutnya dari bak penampung dapat digunakan untuk menggerakkan turbin.
2. Sebagai lahan perikanan, hasil tangkapan dan budidaya laut dapat memberi kehidupan kepada para nelayan atau masyarakat pesisir. Berbagai jenis ikan, kerang, kepiting, tiram, rumput laut, penyu dan sebagainya.
3. Sebagai prasarana perhubungan dan pengangkutan, laut merupakan prasarana lalulintas air yang sangat murah, karena hampir tidak diperlukan biaya pembuatan dan pemeliharaan.
4. Sebagai tempat rekreasi, Pantai Teleng, Pantai Ria Pacitan, Parangtritis, Ancol, Bunaken dan lain sebagainya.
5. Sebagai pertahanan dan keamanan, laut merupakan tempat pertahanan dan keamanan, kapal laut dapat menjaga keamanan dan dan pertahanan suatu wilayah Negara.
6. Sebagai pengatur iklim, perbedaan sifat fisik air laut dansifat fisik daratan dapat menimbulkan gerakan udara atau di sebut dengan angin. Bersama-sama dengan angin tersebut, makauap air laut terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilalui serta dapat menimbulkan turunnya hujan.
7. Sebagai lahan pertanian laut (revolusi biru), permukaan laut jauh lebih luas daripada daratan, sehingga produksi bahan pangan dan pertanian nabati dari laut dapat berproduksi lebih banyak lagi. Pada saat ini sedang dikembangkan rumput laut dan spesies plankton yang unggul dan cocok untuk dibudidayakan dalam pertanian laut.
Pedoman Pelestarian Laut menurut Konferensi Hukum Laut 1984
1. Dalam memanfaatkan sumber daya laut harus diperhitungkan proses pengembangan alam agar sumber daya laut tidak habis
2. Vitalitas sumber daya samudera harus dilestarikan
3. Pengetahuan mengenai kehidupan di laut harus ditingkatkan
4. Kebijaksanaan samudera harus meliputi dunia
5. Kebijaksanaan samudera harus mencakup semua system air tawar, atmosfer, dan samudera.
6. Lalulintas samudera harus aman dan tertib.
7. Harus dibentuk satu otorita saumudera dunia
8. Samudera harus digunakan untuk perdamaian bukan untuk perang
9. Semua Negara harus memikul tanggungjawab menjadi penjaga, pengelola, sumber daya bahan mineral, ikan dan lainsebagainya atas perairan lepas pantai sampai 200 mil yang telah ditetapkan.

perairan


Pesisir dan laut

Bentuk pantai, bentuk utama pantai ada 2 yaitu landai dan curam
Adapun beberapa hal yang mempengaruhi permukaan pantai yaitu
a.Gelombang, Gletsyer, arus dan pasang merupakan tenaga pengikis, pengangkut, dan pengendap material.
b.Perubahan ketinggian permukaan air laut karena adanya pembekuan atau pencairan es dan karena terjadinya pengangkatan dan penurunan bagian litosfer.
c.Sifat bagian daratan mempengaruhi proses – proses marine, apakah pantainya landai atau curam.
d.Sebab – sebab alami seperti tumbuhnya terumbu karang, letusan gunung api yang materialnya sampai ke laut dan pembentukan delta sngai.
e.Kegiatan manusia seperti pengeringan rawa – rawa, pengerukan muara sungai dan pembentukan polder.

Beberapa pantai menurut proses terjadinya :
a.Pantai Fyord, yaitu pantai yang berlekuk lekuk panjang sempit dan tebingnya curam. Pantai ini terjadi karena kikisan Gletsyer.
b.Pantai Ria, pantai ini menyerupai Pantai Fyord, bedanya pada pantai Ria pada bagian muaranya dan lebih besar dan tebingnya lebih curam, pantai ini terbentuk  karena lembah sungai yang tergenang air.
c.Pantai Sekaren, pantai ini tidak jauh masuk ke darat di mukanya terdapat banyak pulau – pulau kecil.
d.Pantai berbukit pasir. Pantai yang terjadi karena perbedaan pasang naik dan pasang surut yang besar.
e.Pantai berdanau (half) atau disebut pantai laguna (etang) adalah danau pantai yang terpisah dari laut oleh Nehrung (lidah tanah) dan ke dalamnya ada sungai yang bermuara.
f.Pantai Liman ialah teluk kecil pada muara sungai yang terajadi karean penurunan dasar sungai dan karean erosi sungai.
g.Pamtai estuarium, mirip dengan pantai Liman yaitu muara sungai nya lebar (berbentuk corong) bedanya adalah dasarnya lebih dalam karena terjadi pengikisan pasang naik dan pasang surut.
h.Pantai Delta, adalah pantai yang memiliki Delta. Delta terjadi karena hasil erosi sungai bertumpuk – tumpuk di muara sungai (sedimentasi).
i.Pantai Karang, pantai yang mempunyai banyak pulau – pulau atau batu karang di sepanjang pantai.









Perairan Laut

Kedalaman laut dapat diukur dengan berbagai cara yaitu :
1.Batu Duga
Pada cari ini digunakan kawat panjang yang ujungnya dikaitkan dengan batu duga, kemudian diturunkan ke dasar laut dari atas kapal
2.Gema Duga
Cara ini menggunakan suara dan hydrofone sebagai alat ukurdari buritan kapal dipancarkan gelombang, setelah sampai ke dasar laut bunyi itu dipantulkan dan di tangkap kembali oleh kapal.

Klasifikasi Laut

1. Klasifikasi laut berdasarkan proses terjadinya :
         a.Laut Transgresi yaitu laut yang terjadi karena dataran rendah tergenang air
akibat naiknya permukaan air laut.
         b.Laut Ingresi adalah laut dalam yang terjadi karena dasarnya mengalami penurunan
c.Laut regresi, laut yang terjadi karena penyempitan luas permukaan laut akibat pengendapan atau sedimentasi hasil erosi, baik oleh gerakan laut maupun gerakan sungai yang bermuara di sekitarnya.

2. Klasifikasi laut berdasarkan letaknya :
a.Laut tepi adalah laut yang terletak di tepi benua, Laut ini seolah – olah terpisah dari samudra yang luas karena terhalang oleh gugusan pulau atau Jazirah
b.Laut pertengahan laut yang terletak antara dua benuaatau lebih. Laut ini memiliki gejala – gejala gunung api.
c.Laut pedalaman laut yang terletak di tengah – tengah benua atau hampir seluruhnya dikelilingi daratan.

3. Klasifikasi laut berdasarkan kedalamannya :
a.Zone Lithoral yaitu wilayah laut yang berbatasan langsung dengan daratan atau wilayah laut yang merupakan batas air pasang dengan air surut.
b.Zone Neritis (zone laut dangkal) adalah wilayah laut yang meliputi daerah batas air surut ke arah laut sampai pada kedalaman 200 meter.
c.Zone Bathial (zone laut dalam) merupakan bagian laut dalam yang kedalamannya 200 - 2.000 meter. Pada zone ini sinar matahari tidak mencapai dasar laut.
d.Zone abisal (zone laut sangat dalam) merupakan laut yang kedalamannya lebih dari 2.000 meter. Pada zone ini dasar laut nya sangat gelap dan dingin jarang fauna laut yang dapat hidup.

4. Klasifikasi laut berdasarkan bagian – bagiannya
a.Continental Shelf suatu dasar laut yang lerengnya landai dengan kemiringan rata – rata 0,4% dan berbatasan langsung dengan daratan.
b.Continental Slope adalah dasar laut Continental Shelf ke arah laut dengan lereng agak terjal yaitu 45o - 60o. Kedalamannya antara 200 – 2.000 meter.
c.Deep Sea Plain meliputi 2/3 dari seluruh dasar laut dan terletak pada kedalaman 2.000 – 6.000 meter.
d.The Deeps merupakan dasar laut dengan ciri adanya trog dan mencapai kedalaman > 6.000 meter.

Kamis, 18 November 2010

My Heart Will Go On

Everynight in my dreams
I see you, I feel you
That is how I know you go on

Far across the distance
And spaces between us
You have come to show you go on

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on

Once more, you open the door
And you're here in my heart
And my heart will go on and on

Love can touch us one time
And last for a lifetime
And never let go till we're one

Love was when I loved you
One true time I hold to
In my life we'll always go on

Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on

Once more, you open the door
And you're here in my heart
And my heart will go on and on

There is some love
That will not go away

You're here, there's nothing I fear
And I know that my heart will go on
We'll stay forever this way
You are safe in my heart
And my heart will go on and on

you rise me up

When I am down and, oh my soul, so weary;
When troubles come and my heart burdened be;
Then, I am still and wait here in the silence,
Until you come and sit awhile with me.

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up... To more than I can be.

[Instrumental break]

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up... To more than I can be.

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up... To more than I can be.

You raise me up, so I can stand on mountains;
You raise me up, to walk on stormy seas;
I am strong, when I am on your shoulders;
You raise me up... To more than I can be.

You raise me up... To more than I can be.

lenka - trouble a friend

Trouble will find you no mater where you go, oh oh.
No Matter if you're fast no matter if you're slow, oh oh.
The eye of the storm and the cry in the morn, oh oh.
Your fine for a while but then start to loose control.

Chorus 1:
He's there in the dark,
he's there in my heart,
he waits in the winds
he's gotta play a part.
Trouble is a friend,
yeah trouble is a friend of mine. oh oh!

Trouble is a friend but trouble is a foe, oh oh.
And no matter what I feed him he always seems to grow, oh oh.
He sees what I see and he knows what I know, oh oh.
So don't forget as you ease on down the road.

Chorus 1

Chorus 2:
So don't be alarmed if he takes you by the arm.
I won't let him win, but im a sucker for his charm.
Trouble is a friend,
yeah trouble is a friend of mine. Oh oh!

Oh how I hate the way he makes me feel.
And how I try to make him leave; I try.
Oh Oh I try!