welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Bagaimana Anjing Merespon Bahasa Manusia?



alt
Ilustrasi (Photos.com)
Anjing merespon bahasa tubuh manusia dan perintah verbal, tapi apa sebenarnya reaksi mereka tidak jelas. Misalnya, bagaimana anjing bisa lebih memilih untuk mengemis makanan dari seseorang dibandingkan orang lain, dan berperilaku buruk ketika tidak ada orang?.
Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Springer’s journal Learning & Behavior, anjing (Canis familiaris lupus) dapat memprediksi perilaku manusia berdasarkan isyarat tertentu, konteks, dan belajar dari pengalaman.

Monique Udell dan koleganya di University of Florida berangkat untuk memahami hubungan sosial serta pemukiman, dan menentukan apakah jenis dan membesarkan hewan dan lingkungan hidup (tempat tinggal atau pemukiman manusia) mempengaruhi penampilan dengan membandingkan perilaku anjing domestik hewan peliharaan, anjing penampungan, dan serigala .

Para peneliti melihat bagaimana tiga jenis berperilaku ketika diizinkan untuk meminta makanan dari orang yang penuh perhatian atau seseorang yang tidak melihat binatang itu. Mereka menemukan bahwa serigala berhasil meminta makanan dari manusia penuh perhatian, seperti anjing, dan kedua spesies cepat meningkat dengan praktek.

"Di sini kami menyediakan bukti pertama bahwa anjing liar, serigala abu-abu (Canis lupus), juga sensitif terhadap wilayah perhatian manusia dalam kondisi tertentu," tulis para peneliti dalam penelitian abstrak.

Tim juga menemukan bahwa anjing memiliki berbagai sensitivitas terhadap isyarat visual yang berbeda dari perhatian manusia, anjing peliharaan bereaksi lebih terhadap rangsangan yang telah mereka pelajari, namun yang tidak dipelihara orang tidak begitu sukses  mengemis.

"Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan anjing untuk mengikuti tindakan manusia berasal dari kesediaan untuk menerima manusia sebagai sahabat sosial, dikombinasikan dengan kondisi mengikuti anggota badan dan tindakan manusia untuk memperoleh penguatan," kata para peneliti.

"Jenis perhatian isyarat, konteks di mana perintah disajikan, dan pengalaman sebelumnya semua penting." (Pureinsight/art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar