welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Sehat Jiwa dan Raga ala Falun Dafa



alt
Praktisi Falun Dafa sedang memperagakan latihan meditasi (Foto: Asari/Erabaru)
Bagi Anda yang pernah terjatuh hingga lebam atau pernah digigit lebah atau disengat kelabang, tentunya Anda pernah merasakan bagaimana sakitnya bersamaan dengan terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh Anda.
Tidak hanya bagian luar tubuh yang bisa bengkak, jantung yang merupakan organ vital berada dalam tubuh manusia juga bisa mengalami pembengkakan.
Mayo Clinic Staff menulis, istilah kedokteran menyebut pembengkakan jantung dikenali dengan istilah kardiomegali.
Bagi yang pernah menderita penyakit ini tentunya pernah merasakan terjadinya kesulitan bernafas seperti masuk dalam keadaan kehabisan nafas. Penyakit ini disebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, penyakit katub jantung hingga gagal jantung.
Namun hal itu tidak berlaku bagi Prima (45) yang berprofesi sebagai pekerja swasta. Dia merasakan suatu kebahagian yang sangat luar biasa ketika dirinya terbebas dari penyakit itu, tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Penyakit yang dideritanya sembuh hanya dalam hitungan dua minggu ketika berlatih Falun Dafa.
“Saya berlatih Falun Dafa sejak Agustus 2005, waktu itu saya mengidap pembengkakan jantung dan setelah berlatih falun dafa selama 2 minggu, sakit jantung saya hilang,” kisah Prima saat ditemui sela-sela latihan bersama Falun Dafa di Bundaran HI, Minggu (29/4).
Berkat dia menekuni latihan Falun Dafa ini, penyakit jantung yang pernah dideritanya selam tujuh tahun sembuh total. Dia kini tidak perlu merasa was-was akan terjadinya kembali pembengkakan jantungnya. Dia juga mampu menghilangkan kebiasaan merokok.
“Jadi sejak itu sampai sekarang, jadi sampai tujuh tahun penyakit jantung saya hilang, dan juga kebiasaan rokok saya hilang,” tuturnya.
Ketertarikannya untuk mempelajari Falun Dafa itu merupakan suatu proses pengenalan yang panjang baginya. Dia terbiasa berselancar di dunia maya untuk mencari sesuatu yang mampu untuk mengobati penyakitnya itu. Tak dinyana tak disangka pertemuan dengan Falun Dafa menjadi hal yang sangat berharga bagi dirinya.
“Pada dasarnya saya sudah mencoba banyak hal akan tetapi di Falun Gong ini saja, yang saya pelajari dan ternyata efektif sekali untuk menyembuhkan,” ujarnya.
Perangkat latihan Falun Dafa merupakan suatu latihan yang sangat mudah untuk dipelajari, bagi yang berminat untuk diketahui Falun Dafa memiliki lima perangkat latihan ditambah dengan membaca buku pedoman Falun Dafa yakni Zhuan Falun.
Bagi prima, buku pedoman Falun Dafa ini mengajarkan tentang pemahaman baru yang menambahkan manfaat yang cukup besar bagi dirinya. Mempelajarinya dan membaca buku itu lebih dalam, dia bisa mengetahui lebih dalam makna kehidupan, atau bagaimana sebaiknya menjadi manusia yang lebih baik.
“Ditambah dengan latihan yang sangat bagus sekali, sehingga mempengaruhi bagi kesehatan saya, jiwa dan raga semuanya bisa tercapai dengan utuh,” katanya.
Besarnya manfaat yang telah dia dapatkan selama ini, saling berbagi akan manfaat latihan Falun Dafa merupakan suatu kebahagian tersendiri baginya. Dia telah berbagi kepada teman-temannya untuk berlatih Falun Dafa, karena dirinya saat ini sudah terbebas dari sakit yang menggerogoti dirinya selama tujuh tahun.   
“Sehingga saya banyak menganjurkan kepada teman-teman untuk belajar, karena manfaatnya sungguh sangat luar biasa,” cetusnya.
Pengurus Himpunan Falun Dafa Indonesia, Karnadi menjelaskan, Falun Dafa sebenarnya adalah satu metode latihan untuk pengolahan jiwa dan raga. Disamping praktisi melakukan pengolahan terhadap jiwa dan raga, para praktisi juga dilatih untuk bagaimana tetap mematut diri pada prinsip sejati, baik dan sabar.
“Jadi disini ada lima perangkat latihan termasuk meditasi, sementara perangkat satu dan 4 ada latihan sambil berdiri,  disamping latihan raga praktisi juga mematut diri pada prinsip sejati, baik dan sabar, jadi aspek pengolahan jiwa ini merupakan suatu aspek yang sangat penting,” jelasnya.
Latihan Falun Dafa tidak hanya sebatas latihan biasa, latihan ini memiliki manfaat yang sangat besar. Bagi Karnadi,  sejak dia berlatih 2000 silam, tubuhnya mengalami suatu kondisi yang sangat sehat dan selalu segar bugar.
Semenjak latihan, dia juga mendapat manfaat dari latihan Falun Dafa dari jiwa dan pikiran. Selama ini pikiran dan jiwanya menjadi lebih tenang dan tidak lebih mudah stress, termasuk pada saat menghadapai konflik dia lebih mematut diri agar persoalan tidak masuk ke dalam hati.  
“Dari sisi pikiran dan jiwa yakni lebih tenang dan tidak lebih mudah stress, pada saat juga menghadapai konflik kita tidak mengambil dihati,” jelasnya.
Mengenai tempat latihan Falun Dafa, semua orang bisa dengan mudah untuk mempelajarinya dengan mengunjungi website Falun Dafa. Disamping itu bisa juga mendatangi pada seluruh tempat latihan Falun Dafa yang sudah tersebar diseluruh Indonesia.
 ”Untuk latihan mudah sekali bisa kunjung diwebsite kami Falundafa.or.id, atau brosur kami disana ada tertera tempat-tempat latihan, bapak dan ibu silakan datang saja tanpa dipungut biaya, bebas biaya, bebas keanggotaan, dan sebagainya,” katanya.
Saat ini penyebaran Falun Dafa ke seluruh dunia telah berlangsung selama 20 tahun. Pertama kali Falun Dafa dikenalkan oleh Master Falun Dafa, Li Hongzhi sejak Mei 1992 silam di China. Hingga saat ini tempat latihan Falun Dafa sudah terdapat lebih dari ratusan negara di seluruh dunia.   
“Hari ini kita melaksanakan pada saat car free day  dalam rangka memperingati 20 tahun menyebarnya Falun Dafa, dan dalam rangka 20 tahun menyebarnya sejati baik dan sabar keseluruh dunia,” tuturnya.
Dengan diadakannya peringatan 20 tahun menyebarnya Falun Dafa keseluruh dunia, diharapkan masyarakat Indonesia untuk bisa mengenal lebih baik tentang Falun Dafa dan tidak terhasut dengan berita-berita miring yang disebarkan tentang Falun Dafa.
“Masyarakat Indonesia, kami harap dapat lebih mengenal kebaikan Falun Dafa, karena selama ini dari seperti yang kita ketahui latihan ini berasal dari china, tetapi sejak 1999 karena penyebaran yang sangat pesat di China, hingga mengalami penindasan dan banyak berita miring yang disebarkan, kami harap  masyarakat bisa mengenal apa itu Falun Dafa dengan apa adanya,” tutup Karnadi. (mas/asr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar