welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Masalah Seputar Rambut Rontok




alt
Ilustrasi rambut yang sudah rontok (Foto: hairlosspreventiontips)
Sekitar 85 % pria akan mengalami penipisan rambut secara signifikan pada saat mereka berumur 50 tahun, menurut Asosiasi Rambut Rontok Amerika.
Beberapa pria disebutkan bahakan mulai mengalami rambut rontok sebelum mereka berumur 21 tahun.
Berikut yang perlu Anda ketahui seputar rambut rontok.

Berhenti Merokok dan Selamatkan Rambut Anda?
Beberapa studi menunjukkan hubungan yang signifikan antara merokok dan seberapa cepat memburuknya pola kebotakan pada laki-laki. Jadi jika Anda perlu satu alasan lagi untuk berhenti merokok, tambahkan rambut rontok dini pada daftar Anda.
Apa yang Rambut Rontok Katakan Tentang Kesehatan Anda
Untungnya, dalam banyak kasus, rambut rontok, yang dikenal sebagai alopecia, tidak menandakan masalah medis, dan Ia tidak menimbulkan risiko kesehatan. Tapi kekhawatiran akan dampak rambut rontok pada kesan pertama atau apakah botak membuat Anda terlihat lebih tua merupakan hal yang umum.

Apa Penyebab Rambut Rontok?
Lebih dari 95% penyebab kebotakan adalah karena pola kebotakan pria, yaitu sebuah sifat bawaan. Gen ini bisa berasal dari salah satu orang tua. Dalam kasus lain, konsumsi obat tertentu, misalnya meminum terlalu banyak vitamin A atau tidak mendapatkan cukup protein, dapat menyebabkan rambut rontok.
Kebotakan rambut serius yang dikenal sebagai telogen effluvium dapat disebabkan oleh penyakit atau stres. Pada pria, rambut rontok yang bukan disebabkan oleh sifat bawaan sering kali sembuh sendiri.

Usaha untuk Menjaga Rambut Anda
Mencegah rambut rontok lebih mudah dari pada mengembalikannya kembali. Jika Anda ingin menemukan sesuatu yang dapat membantu rambut Anda, cobalah beberapa perawatan rambut. Tapi hati-hati, kebanyakan produk dan perawatan yang tampak ajaib bisa saja palsu. Jika ragu, dokter atau dokter kulit Anda mungkin dapat membantu.

Obat Rambut Rontok: Minoxidil
Meskipun tidak ada cara untuk menyembuhkan kebotakan karena sifat bawaan, Anda dapat memperlambatnya dengan beberapa obat. Minoxidil adalah salah satu obat yang dapat digunakan pada kulit kepala Anda.
Obat ini dapat memperlambat laju kerontokan pada pria, dan beberapa orang bahkan mengalami pertumbuhan rambut baru. Tapi begitu Anda berhenti menggunakannya, rambut rontok akan muncul kembali.

Kebotakan Karena Sifat Bawaan Disebabkan Oleh Hormon
Pada kasus kebotakan karena sifat bawaan, sebuah hormon yang disebut DHT menyebabkan folikel rambut menjadi menyusut. Akhirnya, folikel menyusut dengan parah sehingga rambut tidak bisa tumbuh pada folikel tersebut.

Obat Rambut Rontok: Finasteride
Melalui resep dokter, finasteride yang berbentuk pil, memperlambat kerontokan rambut dengan memperlambat produksi DHT pada tubuh. Beberapa pria telah mengalami pertumbuhan rambut baru selama penggunaannya. Secara umum, obat ini dianggap bekerja lebih baik daripada minoxidil. Perempuan hamil sebaiknya tidak mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan cacat lahir pada janin laki-laki. Seperti minoxidil, ia hanya bekerja selama masa penggunaan.

Haruskah Anda Mengenakan Rambut Palsu ?
Rambut palsu telah digunakan sebagai salah satu solusi. Namun, menemukan rambut palsu yang tepat, membutuhkan waktu dan usaha. Ada banyak variasi dalam hal biaya dan kualitas. Dan rambut palsu memerlukan pemeliharaan rutin yang dapat menghabiskan biaya antara 600 ribu hingga 3 juta per bulan. Saat memilih, cari rambut palsu yang cocok dengan warna rambut, ketebalan, dan bentuk rambut Anda sendiri.

Bagaimana Halnya Dengan Transplantasi Rambut ?
Seorang dokter akan memindahkan rambut sehat dari bagian belakang dan sisi kepala Anda ke bagian atas untuk mengembalikan penampilan alami. Transplantasi rambut bisa jadi sangat mahal dan Anda mungkin harus melalui beberapa prosedur. Setelah dua bulan, sebagian besar rambut transplantasi akan lepas, tapi rambut baru tumbuh kembali. Dalam waktu enam bulan, rambut mulai terlihat normal.

Menekankan Sifat Positif
Rambut bukanlah segalanya. Ingatkan diri Anda akan apa kelebihan Anda. Tangani hal-hal yang dapat Anda kontrol, seperti misalnya untuk tetap bugar. Melihat orang lain agar menjadi lebih percaya diri bukanlah masalah. Jika Anda membutuhkan motivasi positif, pikirkan pria botak atau mereka yang mencukur plontos kepala mereka seperti Ed Harris, Patrick Stewart, dan Michael Jordan, yang mana mereka sangat percaya akan diri mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar