welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet (2)

Ditulis oleh WebMD Kamis, 07 Juni 2012


alt
Ilustrasi
Kadang-kadang Anda merasa  tidak nyaman dan kurang percaya diri, jika mengetahui ternyata bobot berat badan anda telah bertambah.
Anda akan berpikir bagaimana  nantinya orang lain akan berpandangan terhadap diri Anda. Bagi pria terobsesi dengan proporsi berat badan yang ideal, bagi wanita ingin berat badannya tetap terjaga agar tetap langsing atau kurus.
Ada banyak cara yang dilalukan untuk menggapainya seperti diet. Bahkan ada cara ekstrim dengan berusaha menghilangkan nafsu makan, hingga menyebabkan anoreksia. Cara ini tentunya memberikan dampak buruk bagi kesehatan.  
Pada bagian pertama kami telah mengungkapkan cara-cara menurunkan berat badan tanpa diet. Ini adalah sambungannya:
Makanan Sehat di Dapur Anda
Siapkan cemilan sehat untuk persediaan. Anda akan cenderung mengorder makanan siap saji atau pizza jika Anda bisa makan makanan yang sehat di dapur. Berikut adalah beberapa yang harus tersedia: sayuran beku, pasta gandum, keju rendah lemak, tomat kaleng, kacang kalengan, dada ayam panggang, tortilla, dan salad.
Makan protein setiap kali makan
Protein adalah makanan utama serta lebih memuaskan dari karbohidrat atau lemak dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Makanan ini juga membantu mempertahankan massa otot dan mendorong pembakaran lemak. Jadi pastikan untuk memasukkan protein sehat seperti makanan laut, daging tanpa lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, kacang, atau kacang ke dalam makanan Anda.
Nikmati makanan favorit Anda
Alih-alih mengurangi makanan favorit Anda, jadilah konsumen yang bijak. Beli setangkup roti lapis daripada beli satu kantong besar roti tawar, atau beli sebungkus kecil permen bukan kantong besar. Anda masih bisa menikmati makanan favorit Anda tapi kuncinya adalah dalam porsi kecil.
Sertakan serat dalam diet Anda
Serat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol dan dapat membantu penurunan berat badan. Kebanyakan orang Amerika hanya memakan setengah serat dari  yang mereka butuhkan.
Untuk menuai manfaat serat, kebanyakan wanita harus mendapatkan sekitar 25 gram sehari, sedangkan pria membutuhkan sekitar 38 gram  atau 14 gram per 1.000 kalori. Sumber serat yang baik termasuk oatmeal, kacang-kacangan, makanan gandum, dan berbagai buah-buahan dan sayuran.
Selalu Makan Pagi
Melewatkan sarapan dan Anda akan kehilangan berat badan? Namun beberapa studi menunjukkan sebaliknya. Tidak sarapan dapat membuat Anda lapar, yang menyebabkan terlalu banyak nyemil sebelum waktu makan siang dan pesta makan saat makan siang dan makan malam. Untuk menurunkan berat badan serta mempertahankannya. Jangan lupa selalu sarapan sehat, tinggi serat seperti sereal, susu rendah lemak, dan buah.

Kecilkan Piring Anda
Pilih piring makan siang berdiameter lebih kecil, secara otomatis makan lebih sedikit. Cornell Brian Wansink, PhD, menemukan dalam percobaan bahwa orang yang makan lebih dan makan lebih banyak makanan dengan piring yang lebih besar. Kecilkan piring atau mangkuk untuk mengurangi 100-200 kalori per hari dan 10-20 kilogram dalam setahun. Dalam tes Wansink, tidak ada yang merasa lapar atau tercatat ketika trik mata mengurangi 200 kalori dari asupan sehari-hari.
Bagian Seimbang
Kebiasaan orang langsing adalah untuk tetap dengan porsi makanan sederhana setiap kali makan. Bisa ditutup dengan sedikit dessert pencuci mulut yang menyehatkan tapi tidak menggemukan.

Coba aturan 80-20
Amerika dikondisikan untuk terus makan sampai mereka kenyang, tetapi penduduk Okinawa makan sampai 80% penuh. Mereka bahkan memiliki nama untuk kebiasaan pelangsing alami ini: hara hachi bu. Kita dapat mengadopsi kebiasaan sehat dengan mengurangi porsi 20% lebih sedikit daripada yang biasa kita makan, menurut peneliti Brian Wansink, PhD.
Makan di Restoran?
Makanan di restoran terkenal menggemukkan, jadi pertimbangkan untuk:
• Membagi hidangan utama dengan teman
• Memesan makanan pembuka sebagai makanan
• Memesan makanan porsi anak di restoran
Perlu dicatat, memesan hidangan ukuran anak-anak adalah cara yang bagus untuk memotong kalori. Ini telah menjadi seperti tren populer di luar negeri. Trik lainnya adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Hal ini membantu terlihat seperti banyak makanan di piring, dan jika pikiran Anda puas, perut Anda mungkin juga merasa hal yang sama.
• Mengganti hidangan utama yang lebih kecil dengan salad: setengah piring diisi dengan sayuran.
Lebih Sering Tanpa Daging
Makan makanan vegetarian lebih merupakan kebiasaan yang melangsingkan. Vegetarian cenderung lebih ringan dari pemakan daging. Kacang-kacangan memainkan peran penting. Bean burger, sup kacang dan makanan lezat lain berbasis kacang-kacangan dikemas dengan serat.
Membakar 100 Kalori atau Lebih
• Turunkan 10 kilogram dalam setahun tanpa diet dengan membakar sekitar 100 kalori ekstra setiap hari. Kalori yang terbakar per kegiatan akan bervariasi tergantung pada berat badan seseorang.
Cobalah salah satu kegiatan berikut ini:
• Berjalan 1 mil, sekitar 20 menit.
• Menyiangi rumput di halaman dan menyiram tanaman selama 20 menit.
• Bersihkan rumah selama 30 menit.
• Joging selama 10 menit.
Rayakan keberhasilan (tapi tidak dengan makanan)
Anda kehilangan lima Kg sebulan dan berjalan setiap hari? Patut Dirayakan! Karena bisa memacu untuk lebih sukses lagi ke depan. Rayakan dengan membeli DVD film, nonton atau menetapkan hadiah lagi untuk tonggak berikutnya. Hanya saja, jangan merayakan dengan es krim atau hidangan pizza.
Mencatat Apa yang Anda Makan
Sebuah pena sederhana dan kertas atau note di smartphone Anda secara dramatis dapat meningkatkan penurunan berat badan Anda.
Studi menunjukkan tindakan menulis apa yang Anda makan dan minum cenderung membuat Anda lebih menyadari apa, kapan, dan berapa banyak Anda konsumsi akan menuntun Anda untuk akhirnya mengambil kalori lebih sedikit.
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang membuat catatan harian makanan enam hari seminggu kehilangan sekitar dua kali lipatyang hanya menyimpan buku harian satu hari dalam seminggu atau kurang. (123/mas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar