welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Pendekatan Penelitian Reinkarnasi



alt
Ilustrasi (Foto: google)
Reinkarnasi adalah subjek yang menarik banyak minat tetapi sulit untuk dipahami. Pada tahun 1882, sarjana dan anggota organisasi spiritual mendirikan Society for Psychical Research di London.
Salah satu tujuan utama dibentuknya lembaga itu adalah untuk menyelidiki, memublikasikan, dan menjelaskan fenomena yang memberikan bukti keberadaan kehidupan setelah kematian tubuh fisik seseorang.

Dari tahun 1882-1930, anggota perkumpulan Prancis dan Italia menemukan beberapa kasus di mana orang bisa mengingat kegiatan dalam kehidupan mereka sebelumnya. Beberapa kasus telah diselidiki beberapa waktu dan itu cukup meyakinkan.

Jenis metodologi yang digunakan  untuk mengingatkan orang-orang kehidupan mereka sebelumnya telah ditindaklanjuti dengan penyelidikan lebih lanjut oleh para peneliti menggunakan metode kejiwaan tradisional.

Pengenalan Hypnotherapy

Sebuah teknik yang digunakan dalam penelitian reinkarnasi adalah hipnoterapi. Salah satu peneliti yang paling terkenal dari fenomena supernormal di Prancis, Kolonel Albert de Rochas adalah yang pertama menggunakan pendekatan hipnoterapi sistematis untuk mendorong subyek mengingat kenangan dari kehidupan sebelumnya.

Rochas menemukan bahwa bahkan jika subyek menyatakan sedikit minatnya tentang reinkarnasi, mereka masih bisa mengingat kegiatan dari kehidupan sebelumnya. Rochas meringkas penemuannya dalam makalah yang diterbitkan pada tahun 1905.

Pada tahun 1956, buku reinkarnasi yang terkenal amatir hipnotis Morey Bernstein, The Search for Bridey Murphy, diterbitkan. Dalam buku ini, Bernstein menyajikan kepada pembacanya salah satu kasus hipnoterapinya. Pembaca dan peneliti sama-sama terpesona dengan presentasi tentang konsep reinkarnasi dan sejauh mana terapi hipnotis dilakukan di Amerika Serikat dan di bagian lain dunia.

Daya tarik yang luas dan penerimaan buku ini menunjukkan bahwa penelitian reinkarnasi telah menemukan tempat yang sah dalam ilmu barat modern dan mempersiapkan panggung untuk penelitian reinkarnasi lebih lanjut.

Pada tahun 1960, Dr Ian Stevenson, seorang psikiater terkenal di University of Virginia, menerbitkan sebuah pandangan dan memenangkan penghargaan, "Bukti Kenangan Kehidupan Sebelumnya," dalam Journal of Psychical Research Amerika. Makalah ini dianggap sebagai awal penelitian modern pada reinkarnasi dilakukan di negara Barat.

Sejak saat itu, Stevenson telah mengabdikan semua upaya untuk penelitian reinkarnasi lebih lanjut. Dalam 40 tahun berikutnya, ia mengumpulkan lebih dari 2.600 kasus reinkarnasi dari seluruh dunia, dan diterbitkan 10 buku dan banyak makalah penelitian yang banyak dirujuk oleh peneliti lain untuk bekerja di bidang reinkarnasi.

Penggunaan formal terapi hipnotis regresi dalam penelitian reinkarnasi mulai diterbitkan buku Denys Kelsey dan Joan Grant, Berkali-kali Kehidupan. Kelsey, seorang terapis terkenal dan anggota British Royal Medical Institute, bekerja sama dengan Grant, istrinya, yang dikatakan memiliki kemampuan supernormal. Mereka bersama-sama meletakkan dasar untuk penelitian tentang reinkarnasi menggunakan teknik non-tradisional regresi hipnotis.

Tokoh di Lapangan

Dibawah adalah peneliti terkemuka dan terkenal lain di bidang reinkarnasi. Beberapa contoh termasuk Dr Helen Wambach, yang mengambil pendekatan menghipnotis tidak hanya satu subjek tetapi banyak orang pada saat yang sama. Dia meringkas temuannya berdasarkan sejumlah besar data dan menarik kesimpulannya dari orang-orang yang secara khusus berkaitan dengan reinkarnasi.

Dr Morris Netherton memperkenalkan sebuah metode dalam sebuah buku berjudul Past Lives Therapy yang menekankan kata-kata kunci dan menulis laporan kalimat dari subjeknya.

Dr Edith Fiore fokus pekerjaannya pada kasus yang berkaitan dengan kepemilikan dan mengembangkan terapi yang ditangani secara khusus dengan kepemilikan.

Dr D. Scott Rogo memberikan ringkasan penelitian tentang reinkarnasi sebelum 1985 dan menunjukkan esensi dari perdebatan antara penelitian reinkarnasi dan skeptis.

Dr Joel Whitton mencatat dan melakukan penelitian terhadap kasus yang melibatkan fenomena psikologis mengetahui bahasa asing tanpa pernah mempelajarinya.

Dr Roger Woolger, seorang peneliti dari ketertarikan besar dengan pemahaman yang sangat mendalam dari psikologi analisis, mengembangkan ideologi penelitian untuk reinkarnasi yang menekankan teori dan praktis. (art/pureInsight)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar