welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Infeksi Dapat Memicu Kanker



alt
Infeksi human papillomavirus bisa menyebabkan kanker leher rahim.
Berdasarkan penelitian yang dimuat The Lancet Oncology, sebanyak dua juta kasus kanker per-tahun di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi.
Penelitian baru menunjukkan satu di antara enam kanker di dunia disebabkan oleh infeksi yang sebelumnya dapat dicegah atau diobati.
Empat infeksi utama adalahhuman papillomaviruses (HPV),helicobacter pylori and hepatitis B dan C. Kesimpulan diambil berdasarkan data tingkat insiden untuk 27 kanker di 184 negara.
Proporsi tersebut semakin besar ditemukan di negara-negara berkembang. Proporsi kanker karena infeksi tercatat tiga kali lebih besar di kawasan negara-negara berkembang seperti di Asia timur dibanding di negara-negara maju.
Tim peneliti dari International Agency for Research on Cancer, Prancis tersebut mengatakan kanker seharusnya dipandang sebagai penyakit yang menular.
Menurut mereka, saat ini diperlukan usaha lebih besar untuk mengatasi infeksi melalui berbagai cara, antara lain vaksinasi dan pengobatan antimikroba.
"Infeksi karena virus-virus tertentu, bakteri dan parasit merupakan sebagian besar penyebab kanker yang bisa dicegah di seluruh dunia," kata Catherine de Martel dan Martyn Plummer, yang memimpin penelitian.
Mereka menekankan pentingnya penggunaan metode pencegahan infeksi yang sudah lazim dilakukan dan langkah tersebut bisa berdampak besar terhadap beban kanker di masa depan.
Sejauh ini tersedia vaksin untuk mencegah infeksi HPV, yang dikaitkan dengan kanker leher rahim, dan juga vaksin mencegah virus hepatitis B, yang bisa menyebabkan kanker hati. (Erabaru/bbc.co.uk/sua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar