welcome to the bill blog

Rabu, 13 Juni 2012

Trik Psikologi untuk Mempermudah Diet



alt
Ilustrasi (Brendan Hoffman/Getty Images)
Diet tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Seperti layaknya perubahan yang tidak terlalu signifikan dalam lingkungan Anda, dapat menghasilkan konsumsi makanan sehat tanpa perlu berpikir dua kali.
Pada Konvensi Tahunan ke-119 Asosiasi Psikologi Amerika, Dr. Brian Wansink dari Universitas Cornell, mempersentasikan tinjauan studi mengenai faktor yang mempengaruhi orang mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.
Satu penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang diberikan satu mangkuk berukuran 16 ons akan makan dua kali lebih banyak sereal dibandingkan mereka yang diberikan satu mangkuk berukuran 8 ons.
Dalam penelitian lain, dua grup dari 30 orang diberikan sup untuk makan siang. Kedua grup tersebut menerima sup mereka dalam mangkuk berukuran 22 ons, tetapi mangkuk dari satu grup pelan pelan diisi ulang dengan menggunakan tekanan dari bawah meja.
Kemudian para peserta dengan mangkok yang diisi ulang makan 73 persen lebih banyak dibandingkan dengan peserta dengan mangkok normal dan mereka bahkan tidak menyadari bahwa mereka makan lebih banyak.
“Hal yang dapat dipelajari di sini adalah, jangan tergantung pada perut anda, untuk memberitahukan kepada anda bahwa anda kenyang atau tidak. Sinyal tersebut dapat berbohong,” kata Wansink dalam pernyataan pers.
Dr. Wansink menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk menghilangkan berat badan yang berlebih adalah dengan merubah lingkungan seseorang termasuk makan dari piring salad dari pada makan dari piring makan biasa, menyusun lemari dengan rapi sehingga makanan yang tidak sehat terletak pada posisi yang tersembunyi, dan makan di dapur atau di meja makan bukannya di depan televisi.
Strategi sederhana biasanya lebih berhasil dibandingkan hanya mengandalkan tekad semata. Sangat lebih mudah untuk merubah lingkungan anda daripada merubah pikiran anda,” kata Wansink. (Pureinsight/Jo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar